Sabtu, 26 November 2011

rpp kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Mata Pelajaran              : Geografi
Kelas/Semester             : XI/ 1 (satu)
Alokasi Waktu               :

I. Standar Kompetensi :
Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer

II. Kompetensi Dasar    :
1.1.  Menjelaskan pengertian fenomena biosfer                                
1.2.  Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
1.3.  Menganalisis aspek kependudukan

III. Indikator                 :
1.      Menjelaskan pengertian biosfer
2.      Mendeskripsikan persebaran flora dan fauna di dunia.
3.      Mendeskripsikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
4.      Mendeskripsikan pelestarian flora dan fauna
5.      Menjelaskan pengertian antroposfer.
6.      Menguraikan pendekatan masalah kependudukan
7.      Menguraikan teori kependudukan.
8.      Mengidentifikasi komposisi penduduk
9.      Mendeskripsikan pertumbuhan penduduk.
10.    Menguraikan kebijakan kependudukan di Indonesia.

IV. Materi Pokok
A. Pengertian biosfer
Biosfer adalah sistem kehidupan paling besar karena terdiri atas gabungan ekosistem yang ada di planet bumi.
Biosfer meliputi lapisan:
a.     Litosfer
b.    Hidrosfer
c.     Atmosfer

B. Persebaran Flora dan Fauna di Dunia
1.     Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah:
a.     Penyebab persebaran sepertti tekanan populasi dan perubahan habitat.
b.    Sarana persebaran, misalnya udara, air, lahan, dan pengangkutan manusia
c.     Hambatan, seperti hambatan iklim, hambatan edafik, hambatan geografis, dan hambatan biologis.
2.     Persebaran flora di bumi dibagi menjadi 7 kelompok, yaitu:
a.     Bioma gurun, antara lain terdapat di Afrika dan Asia tengah.
b.    Bioma padang rumput, antara lain terdapat di Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina, dan Australia.
c.     Bioma Savana (sabana), misalnya di Benua Afrika bagian utara.
d.    Bioma hutan Basah, misalnya Amerika selatan, semenanjung Amerika tengah, Afrika, Madagaskar, Australia bagian utara, Indonesia, dan Malaysia.
e.     Bioma Hutan (Deciduous), misalnya benua Amerika, kepulauan Inggris, dan Australia.
f.     Bioma Taiga, mislnya Rusia bagian utara dan Kanada.
g.    Bioma tundra, misalnya kepulauan kecil dekat antartika.
3.     Persebaran fauna di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 6 wilayah, yaitu
a.     Neartik, meliputi wilayah Amerika Utara dan Greenland
b.    Neotropik, meliputi Meksiko bagian selatan sampai Amerika bagian tengah dan Amerika selatan.
c.     Australis, meliputi Australia, Selandia Baru, Irian, dan Maluku.
d.    Oriental, meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Srilangka, dan Filipina.
e.     Paleartik, meliputi seluruh daratan Eurasia, Afganistan, Afrika, Inggris, dan Jepang.
f.     Etiopian, meliputi Benua Afrika, Madagaskar, dan daratan Arab bagian selatan.
C.    Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
1.     Persebaran flora di Indonesia dikelompokkan menjadi 6 jenis yaitu:
a.     hutan hujan tropis    d. sabana
b.    Hutan musim           e. stepa
c.     Hutan bakau            f. padang lumut
2.     Persebaran fauna di Indonesia dibagi dalam 3 kelompok, yaitu fauna Indonesia barat, tengah, dan timur.
Batas wilayah persebaran fauna Indonesia Barat dan fauna Indonesia tengah adalah garis wallace sedangkan batas antara fauna Indonesia tengah dengan fauna Indonesia Timur dibatasi dengan garis webber
Menurut Wallace, wilayah persebaran fauna Indonesia barat termasuk wilayah fauna dangkalan sunda, sedangkan wilayah persebaran fauna Indonesia timur termasuk wilayah fauna dangkalan sahul
D.    Pelestarian Flora dan Fauna
Contoh faktor alam yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem adalah:
a.     Kebakaran hutan
b.    Fenomena El Nino
Contoh perbuatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem adalah:
a.     penebangan liar (illegal loging)
b.    perburuan
Cagar alam adalah kawasan yang ditetapkan sebagi tempat untuk melindungi tumbuhan dan lingkungannya agar dapat tumbuh secara alami.
Suaka margasatwa adalah kawasan yang ditetapkan sebagai tempat untuk melindungi dan melestarikan berbagai jenis hewan agar terhindar dari kepunahan.
E. Pengertian Antropoposfer
Antropoposfer adalah lapisan manusia dan kehidupannya di permukaan bumi. Beberapa permasalahan yang timbul akibat cepatnya pertumbuhan penduduk adalah:
a. Kekurangan bahan pangan
b..Kekurangan kesempatan kerja dan sekolah
c..Kekurangan tempat tinggal dan air bersih.
F.  Pendekatan Masalah kependudukan
1.     Penduduk sebagai lapangan untuk memperoleh data.
2.     Penduduk sebagai lapangan untuk memperoleh penafsiran perilaku.
3.     Penduduk sebagai lapangan untuk melakukan aksi sosial.
G. Teori Kependudukan
Teori Malthus menyatakan bahwa kemelaratan disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan antara pertambahan penduduk dan pertambahan bahan makanan.
Kelemahan teori Malthus antara lain sebagai berikut:
a.   Ia tidak yakin akan kemampuan tanah untuk menghasilkan bahan makanan yang lebih cepat.
b.   Adanya kemungkinan kemajuan tingkat hidup manusia karena adanya industrialisasi, transportasi, dan distribusi yang lebih baik.
c.   Adanya kemungkinan pengurangan kelahiran dengan cara KB.
H. Komposisi Penduduk
Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk yang didasarkan pada criteria tertentu misalnya unsure biologi, sosial, geografi, dan ekonomi.
Piramida penduduk adalah diagram yang menggambarkan komposisi penduduk yang didasarkan menurut umur dan jenis kelamin.
Secara umum ada tiga bentuk piramida penduduk yaitu:
1.   piramida ekspansif, menggambarkan keadaan penduduk yang sedang mengalami pertumbuhan pesat, umumnya terjadi di Negara berkembang.
2.   piramida stationer, menggambarkan keadaan penduduk yang sedang mengalami pertumbuhan relative stabil, umumnya terjadi di Negara maju.
3.   piramida Konstriktif, menggambarkan keadaan pertumbuhan penduduk yang cenderung mengalami penurunan, umumnya terjadi di Negara yang memiliki struktur penduduk tua.
I.   Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk suatu wilayah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk antara lain kelahiran, kematian, dan migrasi.
J.  Kebijakan Kependudukan di Indonesia
Secara garis besar kebijakan pemerintah di bidang kependudukan terdiri dari tiga aspek yaitu:
1.     kuantitas, yaitu kebijakan kependudukan yang diarahkan pada perbaikan penurunan laju pertumbuhan penduduk.
2.     kualitas, kebijakan kependudukan yang diarahkan pada kemampuan penduduk untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak.
3.     Redistribusi , kebijakan kependudukan yang diarahkan pada upaya pemerataan jumlah penduduk dalam suatu wilayah atau Negara.

V.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
1.     Pendekatan                   :  Kompetensi
2.     Metode Pembelajaran     : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan
VI.   Kegiatan Belajar Mengajar:

Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal
1. Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indicator yang harus  dicapai dalam proses pembelajaran.
2. Motivasi:  Siswa            diberi kesempatan untuk mengamati gambar secara singkat, keadaan alam dan biosfer yang ditayangkan OHP/slide.

Kegiatan Inti
1. Guru Membagi siswa di kelas menjadi 3 kelompok; kelompokA, B, C, diberi kesempatan untuk  menggali informasi pengertian biosfer dan komponen lingkungannya. Tiap kelompok diwakili 1 siswa untuk mendeskripsikan pengertian biosfer, kelompok B mengidentifikasi lapisan-lapisan yang ada pada biosfer.
2.            Kelompok A dan B mempresentasikan tentang biosfer    dan komponen lingkungan biosfer  sedangkan kelompok C menanggapi dengan menjelaskan tentang cagar biosfer yang terintegrasi, mereka saling menanggapi.

Kegiatan Akhir
1.  Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.  Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang          konsep-konsep biosfer yang ditulis dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
1.   Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok @ 4 orang. Masing-masing kelompok diberi nomor 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada 5 tim ahli.
3.   Motivasi : Guru menayangkan gambar suatu fenomena persebaran flora dan fauna dari OHP/LCD/Slide.

Kegiatan Inti
1.   Tiap tim ahli mendiskusikan permasalahan yang berkaitan dengan faktor- faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna (diberikan guru).
2.   Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.   Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok  awal dengan membawa hasil diskusi.
4.   Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.               Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.   Kelompok lain menanggapi.
Kegiatan Akhir
1.   Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.   Guru memberi         tugas pada   siswa  untuk     menggali informasi tentang hambatan persebaran flora dan fauna di dunia, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-3
Kegiatan Awal
1.   Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan     standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.   Motivasi : Guru menayangkan berbagai  gambar persebaran flora dan fauna di dunia dari OHP/LCD/Slide/profider google-internet.

Kegiatan Inti
1.   Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5.
2.   Tiap kelompok disajikan satu gambar gambar persebaran flora dan fauna di dunia dan mengamatinya, kemudian mengisi lembar pengamatan sesuai hasil pengamatan, melalui diskusi kelompok.
3.   Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
4.   Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi
Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.1 pada buku geografi 2 penerbit Yudhistira) tentang persebaran flora dan fauna di dunia
2.     Gurumemberi kesempatan kepada siswa  untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas pada siswa ntuk  menggali informasi tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia dan kegiatan pelestariannya dri buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-4
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan berbagai gambar persebaran                flora dan fauna dan kegiatan pelestariannya di Indonesia dari OHP/LCD/Slide/profider

Kegiatan Inti
1.     Guru dan siswa bersama-sama mengidentifikasi persebaran flora dan fauna di Indonesia yang ada pada gambar
2.     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5. Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
3.     Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami prinsip geografi.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar  harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.2 buku geografi 2 penerbit yudhistira ) tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia dan usaha pelestariannya.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.     Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang pengertian Antroposfer dari buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan

Pertemuan Ke-5
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan berbagai gambar fenomena antroposfer yang mengandung unsur aspek kuantitas ataupun kualitas dari OHP/LCD/Slide/profider google-internet.

Kegiatan Inti
1.     Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.     Setiap siswa mengamati berbagai pendekatan yang dilakukan dalam menghadapi masalah kependudukan.
3.     Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami permasalahan kependudukan.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.3 pada buku geografi 2 halaman 20 penerbit yudhistira) tentang pendekatan masalah kependudukan.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang teori-teori kependudukan dari buku sumber, dalam bentuk  rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ke-6
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.    Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.   Guru menayangkan berbagai teori kependudukan yang telah ditemukan oleh siswa dengan OHP/LCD/Slide/profider google-internet.

Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan teori-teori kependudukan.
2.     Siswa mendiskusikan kelemahan-kelemahan teori Malthus.
3.     Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang       nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi tentang teori-teori kependudukan.
2.     Guru memberi kesempatan kepada        siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas      pada siswa untuk menggali informasi tentang komposisi penduduk dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ke-7
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi,  kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru memberi pertanyaan tentang komposi penduduk.
b.    Guru menayangkan Tabel 1.1 Penduduk Indonesia menurut umur dan jenis kelamin tahun 2000 (data BPS) dapat diambil dari buku geografi 2 halaman 22 dengan OHP/LCD/Slide/Video.

Kegiatan Inti
1.    Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.    Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami komposisi penduduk.
3.    Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang       nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
4.    Guru menjelaskan kembali pengertian komposisi penduduk dan piramida penduduk.
Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.4 buku geografi 2 halaman 26 penerbit yudhistira) tentang komposisi penduduk dan piramida penduduk .
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas secara kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang Pertumbuhan penduduk dan pengukurannya dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-8

Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta  indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah
b.    Ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
2.     Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan berkaitan dengan pengukuran pertumbuhan penduduk.
3.     Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami gerakan lempeng dan karakteristik lapisan Bumi.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.5 pada buku geografi 2 halaman 35 penerbit yudhistira) tentang pertumbuhan penduduk dan pengukurannya.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk tes lisan dalam mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas (menjawab kuis 1.11 – 1.17 pada buku geografi 2 penerbit yudhistira).

Pertemuan Ke-9
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan  menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan gambar berbagai bentuk usaha pemerintah dalam menangani kependudukan di Indonesia. Data dapat diambil dari internet.
Kegiatan Inti
1.     Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan kependudukan di Indonesia.
2.     Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami kebijakan-kebijakan kependudukan di Indonesia.
3.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang       nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 1.6 pada buku geografi 2 halaman 40 penerbit yudhistira).
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang program Keluarga Berencana, dalam bentuk karya ilmiah dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ke-10
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan gambar/video tentang kegiatan program Keluarga Berencana di Indonesia dari OHP/LCD/Slide/Internet

Kegiatan Inti
1.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
2.     Guru menjelaskan kembali hasil kegiatan diskusi kelompok

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.     Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang program transmigrasi sebahgai kebijakan kependudukan di Indonesia dalam bentuk karya ilmiah dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ke-11

Kegiatan Awal
1.     Appersepsi: Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
Guru menayangkan gambar/video tentang kegiatan program transmigrasi       di Indonesia dari OHP/LCD/Slide/Internet.

Kegiatan Inti
1.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
2.     Guru menjelaskan kembali hasil kegiatan diskusi kelompok.

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman dari materi pembelajaran yang telah diberikan.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas individu pada halaman 44 dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

VII. Penilaian Hasil Belajar
1.  Tehnik :
a)    Tes Lisan
b)    Tes Tertulis
c)    Tes Unjuk Kerja
d)    Penugasan
e)    Demonstrasi / simulasi
f)     Observasi
2. Bentuk Instrumen :
a)     Daftar Pertanyaan
b)    Tes isian singkat
c)     Tes pilihan ganda
d)    Tes Uraian
e)     Pekerjaan Rumah
3.  Instrumen penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Mata Pelajaran              : Geografi
Kelas/Semester             : XI/ 1 (satu)
Alokasi Waktu               :

I.      Standar Kompetensi
Memahami Sumber Daya Alam

II. Kompetensi Dasar
      Menjelaskan pengertian sumber daya alam.
      Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam.
      Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam.

III. Indikator
1.   Menjelaskan pengertian sumber daya alam.
2.   Mengidentifikasi tiga jenis kelompok sumber daya alam.
3.   Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan pengelolaannya di Indonesia.
4.   Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam.

IV. Materi Pokok
Sumber Daya Alam (SDA)
A. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. SDA dikelompokkan menjadi 3 jenis
1.     Berdasarkan kemungkinan pemulihannya
a.     Renewable resources, yaitu jenis sumber daya alam yang dapat dikembalikan persediannya.
b.    Unrenewable resource, yaitu jenis sumber daya alam yang memerlukan waktu sangat lama untuk pemulihannya jika telah habis dimanfaatkan, atau bahkan tidak dapat pulish sama sekali.
2.     Berdasarkan sifatnya
a.     Sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam berupa benda misalnya bahan tambang, tenaga panas bumi, dan air.
b.    Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam berupa makhluk hidup baik hewan ataupun tumbuhan.
3.     Berdasarkan lokasinya
a.     Sumber daya alam terestrial, sumber daya alam yang terdapat di daratan
b.    Sumber daya alam akuatik, sumber daya alam yang terdapat di perairan.

B. Sumber Daya Alam dan Pengelolaannya di Indonesia
1.   Sumber daya tanah
Secara umum tingkat kesuburan tanah di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:
a.     Tanah subur meluputi jenis tanah vulkanik,potzolik dan alluvial.
b.    Tanah kurang subur meliputi jenis tanah pasir, gambut, dan tanah kapur.
c.     Tanah tidak subur misalnya tanah laterit.
2.   Sumber daya air
Sumber daya air dapat dimanfaatkan untuk
a.      Irigasi
b.     Perikanan
c.      Pembangkit listrik
d.     Wisata dan olah raga
3.    Sumber daya udara
Tindakan yang perlu dilakukan dalam pengelolaan udara antara lain:
a.     Menekan pertumbuhan populasi manusia.
b.    Mengganti energi minyak dengan sumber energi lain.
c.     Memperkecil penggunaan mobil pribadi dan mengutamakan angkutan massal.
d.    Menggunakan kendaraan hemat bbm.
e.     Memasang penyaring pada cerobong asap pabrik untuk mengurangi terjadinya polusi udara.
4.    Sumber daya hutan
Luas hutan yang berkurang mengakibatkan meningkatnya kandungan CO2 di atmosfer yang selanjutnya akan meningkatkan suhu bumi yang disebut efek rumah kaca . Akibat lain dari kerusakan hutan adalah:
a.        Meningkatnya kemungkinan terjadinya badai.
b.        Kelestarian flora dan fauna terancam
c.        Terjadi tanah longsor.
d.     Terjadi banjir pada waktu musim hujan dan terjadi kekeringan pada musim kemarau.
Jenis-jenis hutan di Indonesia antara lain:
-       Hutan hujan tropis terdapat di P. Sumatra, Kalimantan, dan Papua.
-       Hutan muson (Musim) tropika terdapat di Jawa Timur dan sebagian pulau Bali.
-       Hutan Mangrove, terdapat di seluruh dataran pantai yang berlumpur tebal (rawa dekat pantai).
Fungsi ekologis hutan diantaranya:
-       Sebagai paru-paru dunia.
-       Sebagai penahan erosi
-       Sebagai habitat kelestarian flora dan fauna.
5.  Sumber daya mineral
Kekayaan sumber daya mineral Indonesia antara lain disebabkan oleh letak geologis Indonesia yang merupakan jalur pertemuan lempeng tektonik dan pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum Pasifik dan pegunungan sirkum Mediterania

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
1.     Pendekatan                        : Kompetensi
2.     Metode Pembelajaran         : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi: Guru  menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi: Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar secara singkat, keadaan sumber daya alam di Indonesia.

Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan  pengertian sumber daya alam dan pengelompokkannya.
2.     Siswa mendiskusikan pengertian dan pengelompokan sumber daya alam serta faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki kekayaan akan sumber daya alam.
3.     Menjelaskan kembali hasil  diskusi  kelompok kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk tanya jawab     atas materi yang belum di pahami.

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.     Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali    informasi tentang pengelompokan sumber          daya alam dan pengelolaanya di Indonesia dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan gambar suatu fenomena sumber daya alam di dunia dengan LCD/OHP.

Kegiatan Inti
1.     Mempresentasikan tugas kelompok pada pertemuan sebelumnya.
2.     Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi. Kelompok lain menanggapi.
3.     Guru menjelaskan kembali materi yang telah didiskusikan.

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 2.1 buku geografi 2 halaman 57 penerbit yudhistira) .
2.     Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia. dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-3
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat  itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan gambar suatu fenomena sumber daya alam di dunia dengan LCD/OHP.

Kegiatan Inti
1.     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang  terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5.
2.     Tiap kelompok disajikan pertanyaan tentang pemanfaatan sumber daya alam, kemudian mengisi lembar pengamatan sesuai hasil pengamatan, melalui diskusi kelompok.
3.     Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang       nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi

Kegiatan Akhir
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 2.2 pada buku geografi 2 halaman 62 penerbit yudhistira) tentang pemanfaatan sumber daya alam.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.     Guru memberi tugas kelompok halaman 65-66 tentang pembalakan illegal untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-4
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menayangkan berbagai gambar kerusakan hutan di  Indonesia dari OHP/LCD/Slide/provider

Kegiatan Inti
1.     Mempresentasikan tugas kelompok pada pertemuan sebelumnya.
2.     Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.    Guru memberikan tes lesan kuis kompetensi 2.1- 2.5

Kegiatan Akhir
1.     Membuat kesimpulan materi/rangkuman dalam bentuk peta konsep atas materi yang telah dibahas.
2.     mengadakan refleksi Kompetensi Bab 2 buku geografi 2  penerbit yudhistira halaman 67-69.
3.     Guru  memberi kesempatan kepada    siswa untuk bertanya.

VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik :
a)    Tes Lisan
b)    Tes Tertulis
c)    Tes Unjuk Kerja
d)    Penugasan
e)    Demonstrasi / simulasi
f)     Observasi

2. Bentuk Instrumen :
a)   Daftar Pertanyaan
b)   Tes isian singkat
c)   Tes pilihan ganda
d)   Tes Uraian
e)   Pekerjaan Rumah





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Mata Pelajaran              : Geografi
Kelas/Semester             : XI/ 2 (satu)
Alokasi Waktu               :

I.      Standar Kompetensi:
Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

II.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

III.    Indikator
  1. Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
  2. Menguraikan kualitas lingkungan hidup
  3. Mengidentifikasi keterbatasan ekologis dalam pembangunan
  4. menguraikan unsur-unsur lingkungan
  5. Menjelaskan bentuk-bentuk konservasi lingkungan
  6. Menjelaskan usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup.

IV.   Materi Pokok
Lingkungan Hidup
A. Pengertian lingkungan hidup
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup dibagi 2
1.  lingkungan hidup alamiah
2.  lingkungan hidup binaan
B.  Kualitas lingkungan hidup
Kualitas lingkungan hidup adalah derajat kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di tempat dan waktu tertentu.
C.   Keterbatasan Ekologis dalam Pembangunan
Pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia diatur dalam UU No. 4 tahun 1982 tentang Ketentuan­ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup
Setiap rencana pemanfaatan sumber daya alam perlu memperhatikan hubungannya dengan ekosistem dan factor-faktor dominant antara lain demografi, klimatologi, flora dan fauna, geologi, topografi, dan keanekaragaman sosial budaya masyarakat.
D.   Interaksi Unsur-unsur Lingkungan
Ekosistem terdiri dari 4 komponen:
1.     komponen abiotik, yaitu komponen fisik dan kimia yang terdiri atas air, tanah , udara, sinar matahai dan mineral.
2.     Komponen organisme produsen (autotrof), yaitu organisme yang mampu menyediakan atau mensitesis makanannya sendiri berupa bahan-bahan organic dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan sinar matahari.
3.     Komponen organisme konsumen (heterotrof), yaitu organisme yang mampu memanfaatkan bahan­bahan organic sebagai bahan makanannya.
4.     Komponen pengurai (decomposer), yaitu organisme heterotrof yang menguraikan bahan-bahan organic yang telah mati.
E.   Konservasi Lingkungan
Konservasi lingkungan adalah upaya pelestarian lingklungan, tatpi memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan masa depan.
Wilayah-wilayah yang perlu dilakukan konservasi antara lain…..
1.     Pantai
2.     Vegetasi rawa dan hutan rawa air tawar
3.     Lahan gambut
4.     Hutan kerangas
5.     Hutan dataran rendah
6.     Hutan musim
7.     Hutan pegunungan
Pelestarian Lingkungan Hidup
Pelestarian lingkungan hidup dilakukan sebagai upaya untuk mengelola sumber daya lingkungan guna meningkatkan kualitas kehidupan yang tinggi serta berkelanjutan

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Kompetensi
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI.   Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indicator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
a.     Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar secara singkat, keadaan lingkungan hidup alamiah dan binaan yang ditayangkan OH P/slide.
b.    Siswa diminta menanggapi kedaua gambar yang ditayangkan.
Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup dan badan internasional PBB yang mengurusi lingkungan hidup.
2.     Menjelaskan jenis lingkungan hidup dan    kualitas lingkungan hidup.

Kegiatan Akhir
1.     Membuat kesimpulan atas materi pembahasan yang telah disampaikan dengan membuat peta konsep.
2.     Guru memberi tugas pada    siswa secara berkelompok tentang pengertian dan kualitas lingkungan hidup dengan mencari sumber dari internet untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok @ 4 orang. Masing-masing kelompok diberi 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada 5 tim ahli.
3.     Motivasi : Guru menayangkan gambar suatu fenomena lingkungan hidup dari OHP/LCD/Slide.

Kegiatan Inti
1.     Tiap tim ahli        mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru.
2.     Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.     Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok awal dengan membawa hasil diskusi.
4.     Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.     Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.     Kelompok lain menanggapi.
7.     Guru menjelaskan keterbatasan ekologis dalam pembangunan
8.     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami.

KEGIATAN AKHIR
1.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 3.1 buku geografi 2 halaman 74 penerbit yudhistira).
2.     Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang pendekatan geografi dari buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-3
KEGIATAN AWAL
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi: Guru menayangkan berbagai gambar konservasi lingkungan dan usaha-usaha pelestarian lingkungan dari OHP/ LCD/Slide/profider google-internet.

KEGIATAN INTI
1.     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5.
2.     Tiap kelompok disajikan satu gambar gambar fenomena alam maupun aktivitas manusia yang berkaitan dengan konservasi lingkungan dan pelestariannya dan mengamatinya, kemudian mengisi lembar pengamatan sesuai hasil pengamatan, melalui diskusi kelompok.
3.     Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
4.     Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi

KEGIATAN AKHIR
1.     Menyimpulan materi pelajaran dengan membuat peta konsep.
2.     Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi (umpan balik 3.2 buku geografi 2 halaman 81).
3.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
4.     Guru memberi tugas kelompok dan individu halaman 83-84. Hasil pekerjaan kelompok dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.



Pertemuan ke-4
Kegiatan Awal
1.     Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.     Motivasi :
Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
Guru menayangkan berbagai gambar fenomena lingkungan hidup dan aktivitas manusia dalam usaha pelestariannya dari OHP/LCD/Slide/ profider google-internet.

Kegiatan Inti
1.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari tugas pada pertemuan sebelumnya.
2.    Guru melakukan observasi dan penilaian dari proses diskusi.
3.    Guru menjelaskan kembali hasil presentasi dari seluruh kelompok diskusi.
4.    Memberikan Tanya jawab lesan kuis kompetensi 3.1-3.4 pada buku geografi 2 penerbit yudhistira.

Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan materi pelajaran.
2.    Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi   (pelatihan kompetensi bab 3 halaman 85-86).
3.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

VII.  Penilaian Hasil Belajar
1.     Tehnik :
a)     Tes Lisan
b)    Tes Tertulis
c)     Tes Unjuk Kerja
d)    Penugasan
e)     Demonstrasi/simulasi
f)     Observasi
2.     Bentuk Instrumen :
a)     Daftar Pertanyaan
b)    Tes isian singkat
c)     Tes pilihan ganda
d)    Tes Uraian
e)     Pekerjaan Rumah
3.     Instrumen penilaian