Jumat, 25 November 2011

rpp geografi kelas x 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X/ 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami konsep, pendekatan, dan aspek geografi.

II.  Kompetensi Dasar             :
1.1.   Menjelaskan konsep geografi

III. Indikator                           :
  1. Mendeskripsikan pengertian geografi
  2. Menjelaskan perkembangan pandangan para ahli geografi terhadap ilmu geografi

IV. Materi Pokok                    :
  1. Pengertian geografi
  2. Perkembangan pandangan para ahli geografi terhadap ilmu geografi

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
2.     Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan
VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.










2.













3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar, dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi : Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar secara singkat, keadaan alam, dan sosial yang ditayangkan OHP/slide.

KEGIATAN INTI

1.      Guru Membagi siswa di kelas menjadi 4 kelompok; kelompok A, B, C, diberi kesempatan untuk menggali informasi pengertian geografi menurut 2 ahli geografi, tiap kelompok diwakili 1 siswa untuk mendeskripsikan pengertian geografi, kelompok D mengidentifikasi persamaan dari pendapat ahli geografi.
2.      Kelompok A dan B menjelaskan tentang geografi Ortodoks sedangkan kelompok C dan D menjelaskan tentang geografi terintegrasi, mereka saling menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang konsep-konsep geografi yang ditulis dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.



Transparan, OHP/ Komputer dan LCD






Buku Yudhistira, SMA kelas X










Lembar Pengamatan

VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa (nontes)
2.      Lembar kerja siswa (hasil pengamatan siswa terhadap tayangan gambar dari OHP/Slide)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2

Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 2 (dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami konsep, pendekatan, dan aspek geografi.

II.  Kompetensi Dasar             :
1.1  Menjelaskan konsep geografi

III. Indikator                           :
3.      Menjelaskan konsep-konsep geografi

IV. Materi Pokok                    :
  1. Konsep-konsep geografi

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                   : Pendekatan kelompok
2.     Metode Pembelajaran   : Pemecahan masalah dengan model Jig Saw
VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.
















2.















3.

KEGIATAN AWAL

1.        Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.        Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 orang. Tiap anggota kelompok, diberi nomor 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada 5 tim ahli.
3.        Motivasi : Guru menayangkan gambar suatu fenomena geografi dari OHP/LCD/Slide.

KEGIATAN INTI

1.      Tiap tim ahli mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru.
2.      Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.      Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok awal dengan membawa hasil diskusi.
4.      Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.      Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.      Kelompok lain menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang pendekatan geografi dari buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.



Transparan, OHP/ Komputer dan LCD











Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS










Lembar Tes Tulis

VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
3.      Tes tulis

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok
3.      Lembar kerja tulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 3

Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami konsep, pendekatan, dan aspek geografi.

II.  Kompetensi Dasar             :
1.2.   Menjelaskan pendekatan geografi

III. Indikator                           :
  1. Menjelaskan 3 pendekatan geografi dalam mengkaji hubungan timbal balik antara fenomena dan permasalahannya.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Pendekatan geografi dalam mengkaji hubungan timbal balik antara fenomena dan permasalahannya, terdiri atas :
a.       Pendekatan keruangan
b.      Pendekatan ekologi.
c.       Pendekatan kompleks wilayah

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.










2.
















3.

KEGIATAN AWAL

1.        Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.        Motivasi : Guru menayangkan berbagai gambar fenomena alam maupun aktivitas manusia dari OHP/LCD/Slide/profider googleearth-internet.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5.
2.      Tiap kelompok disajikan satu gambar gambar fenomena alam atau aktivitas manusia dan mengamatinya, kemudian mengisi lembar pengamatan sesuai hasil pengamatan, melalui diskusi kelompok.
3.      Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
4.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang prinsip geografi dari buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.



Transparan, OHP/ Komputer dan LCD






Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja kelompok.

VIII. Instrumen Penilaian       :
  1. Lembar pengamatan partisipasi siswa.
  2. Lembar kerja kelompok.









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4

Mata Pelajaran                                    : Geografi
Kelas / Semester                      : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-                         : 1 (satu)
Alokasi Waktu                                    : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami konsep, pendekatan, dan aspek geografi.

II.  Kompetensi Dasar             :
1.3.   Menjelaskan prinsip geografi

III. Indikator                           :
1.      Mendeskripsikan objek geografi.
2.      Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi dalam menganalisis berbagai fenomena dan fakta geografi.

IV. Materi Pokok                    :
1.      Objek Geografi, terdiri dari objek material dan objek formal.
2.      Prinsip-prinsip geografi, antara lain prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi/keruangan

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
1.      Pendekatan                  : Kompetensi
2.      Metode Pembelajaran  : Ceramah bervariasi, diskusi, dan penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.














2.

















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.      Guru menayangkan berbagai gambar fenomena alam maupun aktivitas manusia dari OHP/LCD/Slide/profider google earth-internet.

KEGIATAN INTI

1.      Guru dan siswa bersama-sama mengidentifikasi objek geografi yang ada pada gambar.
2.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5. Tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
3.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami prinsip geografi.
4.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil.  mnkKelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang aspek geografi dari buku sumber dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD











Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 5

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami konsep, pendekatan, dan aspek geografi.

II.  Kompetensi Dasar             :
1.4.   Menjelaskan aspek geografi

III. Indikator                           :
1.         Mendeskripsikan aspek geografi.
2.         Menyebutkan ilmu-ilmu yang membantu pada studi geografi.
3.         Mendeskripsikan sarana bantu pada studi geografi.
4.         Menjelaskan manfaat geografi dalam berbagai aspek kehidupan.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Aspek geografi, terdiri atas aspek fisik dan aspek sosial.
  2. Ilmu-ilmu yang membantu pada studi geografi, antara lain geomorfologi, meteorologi, biogeografi, antropogeografi, hidrologi, oceanografi, kartografi, demografi, dan pedologi.
  3. Sarana bantu pada studi geografi, antara lain tabel, peta, diagram, grafik, media cetak, dan media elektronik.
  4. Manfaat geografi dalam berbagai aspek kehidupan.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
2.      Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.
















2.




















3.

KEGIATAN AWAL

1. Appersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.

2.   Motivasi :
a.  Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.   Guru menayangkan berbagai gambar fenomena geografi yang mengandung unsur aspek fisik dan aspek sosial dari OHP/LCD/Slide/profider googleearth-internet.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Setiap siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan aspek fisik dan aspek sosial geografi.
3.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami aspek geografi, ilmu yang membantu studi geografi, sarana bantu studi geografi, dan manfaat geografi dalam berbagai aspek kehidupan.
4.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, kelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi informasi pada siswa untuk mempersiapkan ulangan harian.


Transparan, OHP/ Komputer/ LCD
profider googleearth-internet










Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok

VIII. Instrumen Penilaian :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 6

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X/ 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami sejarah pembentukan Bumi.

II.  Kompetensi Dasar             :
2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan Bumi

III. Indikator                           :
  1.  Mendeskripsikan beberapa teori tentang proses pembentukan Bumi.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Teori tentang proses pembentukan Bumi.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, diskusi, dan penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.












2.














3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar, dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru memberi pertanyaan tentang bentuk Bumi dan proses terjadinya.
b.      Guru menayangkan berbagai gambar Jagad Raya dan proses terjadinya Bumi dari OHP/LCD/Slide/Video.

 

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami teori terbentuknya Bumi.
3.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas secara kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang sejarah perkembangan bentuk muka Bumi dan struktur perlapisan Bumi dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD/ Video/ Buku Yudhistira






Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS

Media cetak, internet, buku Yudhistira

VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 7

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami sejarah pembentukan Bumi.

II.  Kompetensi Dasar             :
2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan muka Bumi

III. Indikator                           :
2.     Menganalisis sejarah perkembangan bentuk muka Bumi.
3.     Mendeskripsikan karakteristik perlapisan Bumi.

IV. Materi Pokok                    :
1.    Sejarah perkembangan bentuk muka Bumi.
2.    Karakteristik perlapisan Bumi, terdiri dari inti Bumi, selimut atau selubung, dan kerak Bumi.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
1.    Pendekatan                        : Kompetensi
2.    Metode Pembelajaran        : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.















2.




















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.      Guru menayangkan video/slide sejarah perkembangan bentuk muka Bumi  dari OHP/LCD/Slide, alat peraga gerakan lempeng dan bagan struktur lapisan Bumi.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap siswa menyiapkan jiplakan peta benua Amerika Selatan dan Afrika, menggunting dan mendekatkan keduanya. Salah satu siswa memperagakan gerakan lempeng. Siswa lain memberikan tanggapan.
3.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami gerakan lempeng dan karakteristik lapisan Bumi.
4.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk tes lisan dalam mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas.
4.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang Jagad Raya dan Tata Surya dari buku sumber dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.



Transparan, OHP/ Komputer dan LCD/ Video



Spons (Peraga gerakan lempeng)



Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS














Pedoman tes lisan

VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja kelompok
3.      Tes lisan

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok
3.      Lembar pedoman tes lisan










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 8

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami sejarah pembentukan Bumi.

II.  Kompetensi Dasar             :
2.2. Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagat Raya

III. Indikator                           :
  1.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk galaksi di Jagad Raya.
  2.  Mendeskripsikan bagian-bagian dari Matahari.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Bentuk-bentuk galaksi di Jagat  Raya.
  2. Bagian-bagian dari Matahari.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Diskusi, dan Penugasan

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan /Peralatan /Sumber
1.














2.
















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.      Guru menayangkan gambar/video tentang galaksi dari OHP/LCD/Slide/Internet dan bagan bagian-bagian Matahari.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami bentuk-bentuk galaksi.
3.      Guru menunjukkan bagan bagian-bagian Matahari.
4.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang karakteristik anggota Tata Surya dari buku sumber, dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.

Transparan, OHP/ Komputer dan LCD/ Internet/ Bagan bagian-bagian Matahari






Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS












VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 9

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 1 (satu)
Pertemuan ke-             : 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Memahami sejarah pembentukan Bumi.

II.  Kompetensi Dasar             :
2.2. Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagat Raya

III. Indikator                           :
1.      Mengidentifikasi karakteristik planet-planet anggota Tata Surya.
2.      Mengidentifikasi karakteristik komet, asteroid, dan Bulan.
3.      Mendeskripsikan kedudukan Bumi di dalam Tata Surya.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Karakteristik planet-planet anggota Tata Surya.
  2. Karakteristik komet, asteroid, dan Bulan.
  3. Kedudukan Bumi di dalam Tata Surya

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Pendekatan kelompok
  2. Metode Pembelajaran : Pemecahan masalah dengan model Jig Saw

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.















2.





















3.

KEGIATAN AWAL

1.        Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.        Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 orang. Tiap kelompok diberi  nomor 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada tim ahli.
3.        Motivasi : Guru menayangkan gambar Jagat Raya dan Tata Surya dari OHP/ LCD/Slide.

KEGIATAN INTI

1.      Tiap tim ahli mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru.
2.      Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.      Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok awal dengan membawa hasil diskusi.
4.      Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.      Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.      Kelompok lain menanggapi.
7.      Guru mendemonstrasikan gerakan rotasi Bumi.
8.      Siswa mengamati dan mengisi LKS.
9.      Salah satu siswa diberi kesempatan mempresentasikan hasil pengamatan.
10.  Siswa lain menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang anggota Tata Surya dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.
4.      Guru memberi informasi pada siswa untuk mempersiapkan ulangan harian.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD












Globe,
Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 10

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer

II.  Kompetensi Dasar             :
3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
  1.  Mengeidentifikasi struktur litosfer.
  2.  Mengklasifikasi jenis batuan pembentuk permukaan Bumi.
  3.  Menganalisis macam-macam bentuk muka Bumi sebagai akibat tenaga geologi yang berasal dari dalam Bumi.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Struktur Litosfer.
  2. Jenis-jenis batuan pembentuk permukaan bumi.
  3. Macam-macam bentuk muka Bumi sebagai akibat tenaga geologi yang berasal dari dalam Bumi

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Pendekatan kelompok
  2. Metode Pembelajaran : Pemecahan masalah dengan model Jig Saw

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.

















2.





















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap anggota 4 orang. Masing-masing kelompok diberi 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada  tim ahli.
3.      Motivasi : Guru menayangkan gambar struktur litosfer, jenis batuan, macam-macam bentuk muka bumi dari OHP/LCD/Slide dan alat peraga bentuk muka bumi.

KEGIATAN INTI

1.      Tiap tim ahli mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru.
2.      Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.      Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok awal dengan membawa hasil diskusi.
4.      Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.      Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.      Kelompok lain menanggapi.
7.      Guru mendemonstrasikan gerakan rotasi Bumi.
8.      Siswa mengamati dan mengisi LKS.
9.      Salah satu siswa diberi kesempatan mempresentasikan hasil pengamatan.
10.  Siswa lain menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang anggota Tata Surya dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.
4.      Guru memberi informasi pada siswa untuk mempersiapkan ulangan harian.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD














Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS

Model/alat peraga bentuk muka bumi

Alat peraga tenaga endogen, dari  bahan spons










VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.    Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.    Lembar kerja kelompok






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 11

Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas / Semester          : X/ 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer.

II.  Kompetensi Dasar             :
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
1.   Mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer dan manfaatnya.
2.   Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Ciri-ciri lapisan atmosfer dan manfaatnya.
  2. Dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Observasi dan Ceramah bervariasi

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.
















2.














3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru menyajikan gambar kondisi cuaca.
b.      Siswa diajak ke luar ruangan untuk mengamati kondisi cuaca di sekitar sekolah.
c.       Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Tiap anggota  diberi nomor 1-5.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami ciri-ciri lapisan atmosfer dan dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim.
3.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok  yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang tipe-tipe iklim dan kondisi iklim di Indonesia dari buku sumber dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD/ Internet/












Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 12

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X/ 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer.

II.  Kompetensi Dasar             :
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
1.         Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim.
2.         Menjelaskan kondisi iklim di Indonesia.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Klasifikasi berbagai tipe iklim.
  2. Kondisi iklim di Indonesia.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan dan Diskusi

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.















2.














3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.      Guru menyajikan peta iklim.
c.       Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Tiap anggota kelompok diberi nomor 1-5.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami tipe iklim dan kondisi iklim di Indonesia.
3.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. Kelompok yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk menggali informasi tentang hubungan jenis vegetasi alam dengan iklim serta perubahan iklim dunia dari buku sumber dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.







Peta Iklim dan gambar kondisi iklim di Indonesia







Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 13

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X/ 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 3 (tiga)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer.

II.  Kompetensi Dasar             :
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
1.         Mengidentifikasi hubungan jenis vegetasi alam dengan iklim.
2.         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Hubungan jenis vegetasi alam dengan iklim.
  2. Faktor-faktor penyebab perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan dan Diskusi

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.

















2.















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru meminta hasil kerja kelompok siswa yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
b.      Guru menyajikan gambar jenis vegetasi dan perubahan iklim Dunia dari Internet/LCD/Video.
d.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. tiap anggota kelompok diberi nomor 1-5.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami hubungan jenis vegetasi dengan iklim serta perubahan iklim dunia.
3.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil. kelompok yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi informasi pada siswa untuk mempersiapkan ulangan harian.








Gambar jenis vegetasi dan perubahan iklim Dunia







Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 14

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer

II.  Kompetensi Dasar             :
3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
  1. Mendiskripsikan proses terjadinya air tanah
  2. Menentukan zona pesisir dan laut.
  3. Menganalisis morfologi laut dan gerak air laut.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Proses terjadinya air tanah Struktur Litosfer.
  2. Zona pesisir dan laut.
  3. Morfologi laut dan gerak air laut

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Pendekatan kelompok
  2. Metode Pembelajaran : Pemecahan masalah dengan model Jig Saw

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/ Sumber
1.















2.





















3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar, dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas kelompok diberi nomor 1-4. Setiap nomor yang sama berkelompok menjadi tim ahli. Guru memberikan permasalahan pada 5 tim ahli.
3.      Motivasi : Guru menayangkan gambar profil air tanah, zona pesisir, dan laut dari OHP/LCD/Slide.

KEGIATAN INTI

1.      Tiap tim ahli mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru.
2.      Guru melakukan observasi selama berlangsungnya diskusi.
3.      Masing-masing anggota tim ahli kembali ke kelompok awal dengan membawa hasil diskusi.
4.      Masing-masing anggota kelompok awal mempresentasikan kepada anggota kelompoknya.
5.      Salah satu anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
6.      Kelompok lain menanggapi.
7.      Guru mendemonstrasikan gerakan rotasi Bumi.
8.      Siswa mengamati dan mengisi LKS.
9.      Salah satu siswa diberi kesempatan mempresentasikan hasil pengamatan.
10.  Siswa lain menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi tugas pada siswa untuk menggali informasi tentang sifat-sifat air laut dan kehidupan biota laut dalam bentuk rangkuman untuk pertemuan berikutnya.


Transparan, OHP/ Komputer dan LCD











Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja kelompok.

VIII. Instrumen Penilaian       :
1.      Lembar pengamatan partisipasi siswa
2.      Lembar kerja kelompok



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 15

Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua)
Pertemuan ke-             : 3 (tiga)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

I.    Standar Kompetensi         :
      Menganalisis unsur-unsur geosfer.

II.  Kompetensi Dasar             :
3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi.

III. Indikator                           :
1.         Menganalisis sifat-sifat air laut.
2.         Mengklasifikasikan kehidupan biota di laut.
3.         Menjelaskan manfaat laut bagi kehidupan.

IV. Materi Pokok                    :
  1. Sifat-sifat air laut.
  2. Kehidupan biota di laut.
  3. Manfaat laut bagi kehidupan.

V.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran     :
  1. Pendekatan                 : Kompetensi
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan dan Diskusi

VI. Kegiatan Belajar Mengajar           :

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Bahan/ Peralatan/Sumber
1.















2.














3.

KEGIATAN AWAL

1.      Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompentensi, kompentensi dasar dan indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
2.      Motivasi :
a.       Guru menyajikan gambar biota laut dan aktivitas manusia memanfaatkan sumber daya laut dari Internet/LCD/Video.
b.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing diberi nomor 1-5.

KEGIATAN INTI

1.      Guru membagi pertanyaan pada tiap kelompok yang telah terbentuk dan tiap kelompok menjawab pertanyaan yang disediakan.
2.      Tiap kelompok mengisi Lembar Kerja Siswa dalam memahami sifat-sifat air laut, kehidupan biota air laut.
3.      Guru mengadakan undian untuk 1 kelompok yang akan tampil, anak yang nomor undiannya keluar harus mempresentasikan, sedangkan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi.

KEGIATAN AKHIR

1.      Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3.      Guru memberi informasi pada siswa untuk mempersiapkan ulangan harian.







Gambar biota laut dan aktivitas manusia memanfaatkan sumber daya laut


Buku Yudhistira, SMA kelas X


LKS











VII.  Metode Penilaian           :
1.      Partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan diskusi kelas.
2.      Penilaian hasil kerja Kelompok
3.      Lembar Kerja Siswa (individu)

VIII. Instrumen Penilaian       :
  1. Lembar pengamatan partisipasi siswa
  2. Lembar kerja kelompok
  3. Lembar Kerja Siswa (individu)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar